JURNAL KONTINUM #05

Ini merupakan edisi nomor kelima Jurnal Anti-otoritarian Kontinum, yang hadir dengan  kemasan dan isi yang berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Selain untuk mengakomodasi lebih banyak materi, format ini merupakan rentangan rencana menghadirkan sesuatu yang lebih ‘serius’ dalam pendiskusian, pendokumentasian perjuangan dan gagasan anti-otoritarian.

Butuh waktu yang cukup panjang untuk kembali menghadirkan lembar-lembar berisi teks dan grafis dalam format baru ini, dan kami rasa hasilnya belum cukup maksimal untuk mewakili keinginan kami menjadi sebuah media radikal yang otonom dan berfungsi dalam perlawanan sehari-hari.

Di edisi ini banyak dibahas tentang kota yang menawarkan perspektif melihat kota, dinamika dan resistensi masyarakat di dalamnya. Kami terdorong untuk mendiskusikannya selain karena kedekatan dengan kehidupan urban itu sendiri, juga karena perubahan fisik dan non-fisik secara besar-besaran ini sangat mengancam bagi kami.

Tema ini bermula dari rencana rubrik Liputan Khusus dalam jurnal online di www.kontinum.org. Namun berkembang dan meluasnya diskusi membuat rencana Lipsus tersebut teranulir dan lantas menghasilkan ide untuk menghadirkannya secara offline dalam format seperti yang hadir sekarang.

No Comments

Leave a Comment